Wednesday, August 1, 2012

Tempat Pendaftaran Pengusaha Kena Pajak

Wajib Pajak sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) melaporkan usahanya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang wilayah kerjanya meliputi tempat kegiatan usaha Wajib Pajak atau ke KPP tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Berdasarkan pasal 12 UU PPN, PKP Orang Pribadi terutang pajak di tempat tinggal dan/atau tempat kegiatan usaha sedangkan PKP Badan terutang pajak ditempat kedudukan dan tempat kegiatan usaha. Apabila PKP mempunyai satu atau lebih tempat kegiatan usaha diluar tempat tinggal atau tempat kedudukan, setiap tempat tersebut merupakan tempat terutangnya pajak dan PKP dimaksud wajib melaporkan uisahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP
Sesuai PER-4/PJ/2010 Pengusaha Kena Pajak Orang Pribadi yang mempunyai tempat tinggal tidak sama dengan tempat kegiatan usahanya, dikukuhkan dan terutang PPN dan PPnBM hanya ditempat kegiatan usahanya, sepanjang PKP tersebut tidak melakukan kegiatan usaha apapun ditempat tinggalnya.
Berbeda dengan orang pribadi, PKP badan wajib mendaftarkan diri baik ditempat kedudukan maupun ditempat kegiatan usaha karena bagi PKP badan di kedua tempat tersebut dianggap melakukan penyerahan BKP dan/atau JKP.

0 comments:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

Recent Post

    EnglishGermanDutchPortugueseItalianRussianGreekBrazilianFrenchSpanishArabicJapaneseChineseIndonesian

    Page Navigation bywww.tutorialblogspot.com

    Read more: http://www.tutorialblogspot.com/2012/07/membuat-halaman-bernomor-di-blog.html#ixzz22rruUj6Y
    U-ON