Wednesday, September 5, 2012

Cara Mengatasi Kesalahan Tulis Pada SSP

Kesalahan tulis yang dimaksud adalah kesalahan dalam penulisan pasal. Contohnya, maksudnya PPh Pasal 23 ditulis dengan PPh 21. Maka SSP yang sudah dibayar tersebut akan masuk ke buku register PPh Pasal 21. Atas kejadian tersebut Wajib Pajak bisa meminta SSP yang salah tersebut dipindahbukukan.
Menurut Keputusan Menteri Keuangan No.88/KMK.04/199, pemidahbukuan meliputi :
  • pemindah bukuan karena adanya kelebihan pembayaran pajak atau telah dilakukan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terutang berdasarkan Surat Keputusan Kelebihan Pembayaran Pajak atau surat keputusan lainnya yang menyebabkan timbulnya kelebihan pembayaran pajak.
  • pemindahbukuan karena adanya pemberian bunga kepada Wajib Pajak akibat kelambatan pengembalian kelebihan pembayaran pajak sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 3
  • pemindahbukuan karena diperolehnya kejelasan SSP yang semula diadministrasikan dalam Bermacam-macam Penerimaan Pajak (BPP)
  • pemindahbukuan karena salah mengisi SSP baik yang menyangkut Wajib Pajak sendiri maupun Wajib Pajak lain
  • pemindahbukuan karena adanya pemecahan setoran pajak yang berasal dari SSP
  • pemindahbukuan karena adanya pelimpahan pajak penghasilan pasal 22 dalam rangka impor atas dasar inden sebelum berlakunya Keputusan Menteri Keuangan Nomor 539/KMK.04/1990 tentang Pajak Penghasilan Pasal 22, Pajak Pertambahan Nilai dan atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah untuk kegiatan usaha dibidang impor atas dasar inden
Demikian sedikit tentang penjelasan pemindahbukuan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. bau tanya pak... pada th 2005 saya salah bayar ssp maupn ssb. yang saya bayar ssp saya NOP nya : 31.72.020.005.010.0047.... ternyata NOP Saya .......... 0020. bagaimana cara mengatasinya karena di mohonkan Sertifikat di tolak oleh BPN.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Paling Banyak Dibaca

Recent Post

    EnglishGermanDutchPortugueseItalianRussianGreekBrazilianFrenchSpanishArabicJapaneseChineseIndonesian

    Page Navigation bywww.tutorialblogspot.com

    Read more: http://www.tutorialblogspot.com/2012/07/membuat-halaman-bernomor-di-blog.html#ixzz22rruUj6Y
    U-ON